Jumat, 06 Desember 2013

I am a King (나는 왕이로소이다 / Naneun Wangyirosoyida) (2012)




Released
Country South Korea
Language
Korean
Genre
Comedy | History
Director Kyu-sung Jang
Writers
Seong-gu Hwang
Starcast Ji-hun Ju, Yun-shik Baek, Hie-bong Byeon | See full cast and crew



Review:
King Taejong memiliki tiga putra, PM Yangnyeong, Prince Hyeoryeong dan Prince Chungnyeong. Karena perangai dan sikap buruknya, PM Yangnyeong digulingkan dari posisi putra mahkota dan digantikan oleh adiknya Prince Chungnyeong. (Prince Hyeoryeong diceritakan lebih memilih jadi biksu sehingga tidak bisa mewarisi tahta) Bagi PM Chungyeong yang hanya tertarik dengan buku dan sama sekali tidak tertarik dengan tahta, pengangkatannya menjadi PM benar-benar membawa musibah. Dari dibenci kakaknya sendiri hingga pengalamannya yang nol besar soal politik.

Akhirnya PM Chungnyeong ini memilih melarikan diri dari istana, guna menghindari pengangkatannya menjadi raja. Di tempat lain, seorang budak bernama Deok-Chil kehilangan agashinya yang ditangkap karena dianggap keluarga pemberontak. Saat dia berniat menolong agashinya ini dengan menyelinap masuk istana, dia tidak sengaja bertabrakan dengan PM Chungnyeong yang berniat melarikan diri.

Tanpa pikir panjang PM Chungnyeong menukar baju dengan si budak Deok-Chil. Tapi justru inilah awal dari semuanya. Pertukaran peran kedua orang inilah yang membawa PM Chungnyeong melihat lebih dekat keadaan masyarakat Jeoseon saat itu. Perbudakan di berbagai tempat, lalu tidak adanya fasilitas kesehatan dan keadaan masyarakat yang sangat miskin.

Barhasilnya PM Chungnyeong berubah dan kembali ke istana untuk kembali bertukar dengan Deok-Chil? Dan berhasilkan Deok-Chil si budak menyelamatkan agashinya?

Kisah sejarah yang dibalut komedi. Yang jelas Joo Ji-Hoon berhasil bertransformasi menjadi sosok bloon PM Chungnyeong dan juga budak Deok-Chil. Kisah tentang King Sojeong memang bukan pertama kali diangkat menjadi cerita. Dan tiap movie/serial memiliki ciri khas masing-masing.

Di movie ini digambarkan bagaimana keadaan rakyat Joseon masa itu, tahun yang sama saat King Sojeong diangkat menjadi raja. Pembelajarannya di dunia luar membuat PM satu ini mengerti arti rakyat baginya dan akhirnya membawanya dikenang sejarah sebagai salah satu raja besar di Joseon.

Lalu trik dan intrik dalam istana yang tidak pernah luput dari kisah heroiknya juga. Karakter dua orang pengawal setia sang PM ini yang membuat cerita benar-benar hidup. Belum lagi karakter King Taejong yang dipercayakan pada orang yang tepat.

Secara keseluruhan, movie ini keren ... dari segi cerita yang nyata, dibalut komedi segar tanpa kehilangan alur utama ceritanya. Lalu pemilihan tiap karakternya yang bisa dibilang cocok.

Jangan berharap akan banyak menemukan baju warna-warni disini, karena meski latar belakang saeguk, movie ini banyak menunjukkan sisi dimana masyarakat biasa tinggal. Movie berdurasi 120 menit ini mulai melakukan pengambilan gambar 2 Maret 2012 dan berakhir Juni 2012.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar